Cara Mencegah Diabetes Melitus Secara Alami

cara mencegah diabetes

Diabetes melitus merupakan penyakit yang tidak bisa kita anggap remeh. Mengapa demikian? karena penyakit diabetes melitus bisa menyebabkan komplikasi hingga penderita bisa meninggal dunia. Oleh karena itu, kita harus tanggap apabila merasakan gejala diabetes. Selain dengan cara mengobati diabetes melitus secara alami, untuk saat ini juga sudah ada cara untuk mencegah penyakit diabetes secara alami.

Kadar gula dalam darah yang sangat tinggi merupakan indikasi dari diabetes melitus. Kemudian disusul dengan dampak seperti mudah lelah, mengalami gangguan pengelihatan, serta terjadinya pembusukan pada salah satu bagian tubuh kita yang luka menjadi efek samping dari penyakit diabetes yang memang wajib untuk kita cegah lebih dini. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips jitu bagi Anda untuk melakukan antisipasi agar kadar gula dalam darah Anda tetap normal, sehingga Anda menjadi insani yang sehat tanpa harus menderita diabetes hingga berujung pada komplikasi.

Cara pencegahan diabetes dilakukan tidak menggunakan obat-obatan yang mahal sehingga menghabiskan banyak biaya. Melakukan kebiasaan hidup sehat merupakan salah satu cara mencegah diabetes secara alami. Oleh karena itu bagi Anda yang mungkin mempunyai kebiasaan tidak sehat, cobalah untuk beralih lah hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa merugikan kita semua.

Cara Mencegah Diabetes Melitus Secara Alami

Ada banyak cara alami yang dapat anda terapkan untuk mencegah penyakit diabetes. Berikut kami cantumkan 7 cara mencegah diabetes yang perlu dicoba:

Mengurangi Porsi Makan

sumber:magazine.job-like.com

Masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih untuk memakan banyak nasi dengan sayur dan lauk yang sedikit daripada harus membaliknya dengan sayur dan lauk yang banyak tetapi dengan nasi yang sedikit kemudian sayur banyak. Tahukah Anda, bahwa nasi yang kita konsumsi mengandung glukosa yang sangat tinggi, sehingga memudahkan sekali kita untuk terserang penyakit diabetes. Selain itu, dengan porsi makan yang banyak, kita juga bisa cepat gemuk, hingga akhirnya obesitas (Berat badan di atas rata-rata). Obesitas juga menjadi pemicu seseorang menderita diabetes melitus, sehingga, bagi Anda yang punya porsi makan banyak, hendaknya kurangi porsi makan Anda kemudian imbangi dengan olahraga, maka badan Anda akan sehat dan terbebas dari diabetes melitus.

Olahraga yang Cukup dan Teratur

sumber:pintubelajarcerdas.blogspot.com

Aktifitas olahraga merupakan aktifitas positif yang bisa membuat tubuh kita bugar dan juga sehat. Maka tidak jarang bagi mereka yang rajin berolahraga pasti mempunyai bentuk tubuh yang bagus dan juga badan yang kuat dan sehat. Olahraga juga merupakan cara bagi kita agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya, yaitu diabetes. Sehingga, untuk Anda sahabat sehat yang pada umumnya kurang begitu minat untuk melakukan olahraga secara rutin di pagi hari, maka mulailah harimu dengan olahraga. Karena hal positif akan kita capai jika kita ada kemauan termasuk cara untuk mencegah diabetes melitus.

Menghindari Makanan yang Berlemak

sumber:litbang.kemendagri.go.id

Makanan yang mengandung tinggi lemak memang rasanya sangat enak jika dirasakan di lidah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa makanan berlemak yang kita konsumsi secara berlebihan akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Selain menyebabkan asam urat, kolesterol, makanan yang mengandung banyak lemak juga bisa memicu timbulnya penyakit diabetes. Dengan terjadinya obesitas karena pengaruh lemak yang tinggi, susunan rantai glukosa yang ada di dalam tubuh juga akan berubah menjadi rangakaian glukosa yang tinggi kalori, sehingga jika kesehatan tubuh kita dicek, maka akan teridentifikasi naiknya gula darah dan kita bisa dengan mudah terkena kencing manis (diabetes melitus).

Kurangi dan Hindari Makanan atau Minuman Manis

sumber:klikdokter.com

Timbulnya kencing manis atau diabetes, salah satunya adalah disebabkan karena tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung gula. Sehingga bagi Anda yang sedang menderita diabetes melitus, cobalah untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung rendah gula kalori. Sehingga, kadar gula dalam darah pada tubuh kita akan menjadi normal. Sedangkan bagi Anda, yang belum pernah menderita penyakit kencing manis, mulailah saat ini untuk tidak banyak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang terlalu manis. Pilihlah makanan ataupun minuman yang manisnya wajar kemudian dengan bahan pengganti gula rendah kalori.

Biasakan Melakukan Sarapan dengan Rutin

sumber:fitnessformen.co.id

Jika Anda termasuk orang-orang yang jarang sarapan di pagi hari, maka mulai sekarang, biasakanlah sarapan. Mengapa sarapan itu penting? Ada beberapa manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh kita. Selain mengontrol nafsu makan kita, sarapan juga membantu kita untuk mengontrol konsumsi kalori bagi tubuh serta mengendalikan mengontrol kadar gula di dalam darah. Sehingga dengan kita melakukan sarapan secara rutin, maka diabetes bisa dicegah dengan cepat.

Mengkonsumsi Sayuran Hijau

sumber:nova.grid.id

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan masih banyak lagi sayuran hijau yang bisa Anda dapatkan di pasar. Salah satu kandungan utama yang terkandung dalam sayuran hijau adalah antioksidan. Kandungan Antioksidan tersebut tidak hanya mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh saja, akan tetapi, juga bisa mengatur suhu tubuh supaya normal dan pastinya mencegah tingginya kadar gula di dalam darah, dan Anda bisa terbebas dari diabetes melitus.

Istirahat yang Cukup

sumber:sukabumiupdate.com

Mungkin masih banyak sekali orang-orang yang suka begadang, sehingga tidur nya hingga larut malam, bahkan ada yang waktu sudah pagi, baru mulai tidur. Kebiasaan yang seperti itu merupakan kebiasaan yang salah dan bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh kita. Tahukah Anda, bahwa tidur nyenyak atau istirahat yang cukup sangat penting bagi kelangsungan kondisi kestabilan gula dalam darah kita. Karena dengan kita melakukan istirahat yang cukup, maka kadar glukosa akan terkontrol untuk proses metabolisme, sehingga kemungkinan naiknya kadar gula dalam darah bisa dengan mudah diatasi.

Itulah beberapa cara mencegah diabetes melitus secara alami. Sehingga Anda bisa lebih hati-hati dalam melakukan aktifitas, terutama untuk makan, karena jika kita salah pilih makanan, maka yang terjadi adalah, kita akan dengan mudahnya terjangkit penyakit yang bisa merugikan diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *