Manfaat Buah Kiwi Yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Buah Kiwi Yang Belum Banyak Diketahui – Buah kiwi atau yang dikenal dengan gooseberry Cina merupakan salah satu buah lezat dengan penuh phytochemicals yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, vitamin, dan mineral. Buah yang sangat terkenal dan luar biasa unik ini berasal dari provinsi “Shaanxi” Cina Timur. Dan untuk alasan yang sama, buah eksotis ini dikenal sebagai buah nasional China.

manfaat buah kiwi

Mengenal sejarah buah kiwi

Perjalanan buah kiwi berasal dari daratan Tiongkok ke Oceania, dan dari situ kemudian menyebar ke seluruh dunia. Selama tahun-tahun awal abad kedua puluh, biji buah kiwi dibawa oleh para misionaris ke Selandia Baru di mana ia telah menjadi tanaman yang dinaturalisasi. Dari Selandia Baru, ia menyebar ke seluruh dunia dan sekarang tumbuh dalam skala komersial di Eropa dan sejauh California.

Selama setiap musim yang berlangsung dari bulan September hingga November, pohon kiwi mengandung banyak buah berbentuk oval, berbulu, dan berwarna coklat. Setiap kiwi berukuran kira-kira ukuran telur ayam yang besar dan berat hingga 125 g. Secara internal; daging warna zamrud-hijaunya lembut, subur, tertanam dengan barisan biji kecil, hitam, dan dapat dimakan. Teksturnya mirip dengan stroberi atau sawo, dan rasanya menyerupai campuran buah stroberi dan buah nanas .

Buah kiwi memiliki ukuran yang mirip dengan anggur besar, dengan kulit halus yang bisa dimakan. Di dalam, “buah kiwi yang keras” menyerupai “buah kiwi berbulu” dalam warna, tekstur, tetapi memiliki rasa dan manis yang lebih intens. “Golden Kiwifruit,” yang dikembangkan oleh teknik hibrida oleh departemen penelitian pertanian di Selandia Baru, memiliki rambut halus, jarang, kulit perunggu, topi runcing di satu ujung dan daging kuning keemasan khas dengan sedikit tart dan rasa tropis lebih dari hijau Buah kiwi. Secara komersial, ia memerintahkan nilai pasar yang lebih tinggi dari buah kiwi hijau konvensional.

Manfaat Buah Kiwi Yang Belum Banyak Diketahui

Buah Kiwi mengandung kaloro yang cukup baik, sebanding dengan buah anggur. 100 g kiwi mengandung 61 kalori. Meskipun demikian, ia memiliki banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kiwi juga merupakan salah satu sumber serat makanan larut yang baik (3,8 g per 100 g buah ATAU 10% dari RDA), yang mencapnya sebagai pencahar massal yang baik. Serat makanan membantu melindungi mukosa kolon dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin-C yang sangat baik ; menyediakan sekitar 154% dari DRI (asupan harian yang disarankan). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistansi terhadap agen infeksi dan mengais radikal bebas yang berbahaya.

Baca juga:

Buah kiwi mengandung tingkat vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan antioksidan flavonoid seperti β-karoten, lutein, dan xanthins yang sangat sehat. Vitamin-K memiliki peran potensial dalam pembentukan massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteoblastik di tulang. Ini juga telah membentuk peran pada pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Kekuatan antioksidan total diukur mengenai kapasitas penyerapan radikal oksigen (ORAC) dari buah kiwi (emas, mentah) adalah 1210 μmol TE / 100 g.

Studi penelitian menunjukkan bahwa zat kimia tertentu dalam buah kiwi berfungsi sebagai fungsi pengencer darah yang mirip dengan aspirin; dengan demikian, membantu mencegah pembentukan bekuan di dalam pembuluh darah dan melindunginya dari stroke dan risiko serangan jantung.

Biji buah kiwi adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik . Studi penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan membantu mencegah perkembangan ADHD, autisme, dan gangguan perkembangan lainnya pada anak-anak.

Buah kiwi segar adalah sumber yang kaya akan elektrolit “potassium” yang sehat bagi jantung. 100 g mengandung 312 mg atau 7% dari kadar elektrolit yang direkomendasikan setiap hari. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah dengan melawan efek malefic natrium.

Ini juga mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, besi, dan magnesium. Mangan digunakan dalam tubuh manusia sebagai faktor pendamping untuk enzim antioksidan yang kuat, superoksida dismutase . Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

Itulah informasi dan manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang harus diketahui. Semoga bermanfaat…

Posted by: https://obatbenjolandileherqnc.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *